Jumat, 10 Juli 2015

INFO PULAU SERIBU

INFO TENTANG KEPULAUAN SERIBU

Informasi Pulau Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km pada lokasi geografis 5°23’ – 5°40’ LS, 106°25’ – 106°37’ BT sebelah utara Jakarta terdiri atas 110 buah pulau. 68 buah pulau berupa pulau kecil berpasir putih dan gosong-gosong karang terdiri dari jenis karang keras/lunak, buah yang telah dikembangkan sebagai pulau wisata, 6 buah pulau yang dihuni penduduk dan 6 dikuasai perorangan atau badan usaha berikut terdiri 17 jenis burung.
Informasi – Cuaca
Musim hujan biasanya terjadi antara bulan Nopember-April sedangkan curah hujan terbesar terjadi pada sekitar bulan Januari dan terkecil terjadi pada bulan Agustus, dalam musim kemarau acap kali bisa juga terjadi hujan dengan jumlah hari hujan antara 4-10 hari perbulan.
Informasi – Batimetri
Kedalaman perairan di Kepulauan Seribu sangat bervariasi, dimana beberapa lokasi mencatat kedalaman hingga lebih dari 70 meter, seperti lokasi antara Pulau Gosong Congkak dan Pulau Semak Daun pada posisi 106°35’00” BT dan 05°43’08” LS dengan kedalaman 75 meter. Setiap pulau umumnya dikelilingi oleh paparan pulau yang cukup luas (island shelf) hingga 20 kali lebih luas dari pulau yang bersangkutan dengan kedalaman kurang dari 5 meter. Hampir setiap pulau juga memiliki daerah rataan karang yang cukup luas (reef flat) dengan kedalaman bervariasi dari 50 cm pada pasang terendah hingga 1 meter pada jarak 60 meter hingga 80 meter dari garis pantai. Dasar rataan karang merupakan variasi antara pasir, karang mati, sampai karang batu hidup. Di dasar laut, tepi rataan karang yang sering diikuti oleh daerah tubir dengan kemiringan curam hingga mencapai 70° dan mencapai dasar laut dengan kedalaman bervariasi dari 10 meter hingga 75 meter.
Informasi – Zonasi
Taman Nasional Kepulauan Seribu terdiri dari 4 daerah zonasi yakni daerah zona inti seluas 4.449 hektar merupakan bagian kawasan taman nasional yang mutlak dilindungi dan tidak diperbolehkan adanya perubahan apapun oleh aktivitas manusia, daerah zona perlindungan seluas 26.284,50 hektar merupakan bagian kawasan taman nasional yang berfungsi sebagai penyangga zona inti, daerahzona pemanfaatan bagi kegiatan pariwisata seluas 59.634,50 hektar merupakan bagian kawasan yang dijadikan sebagai pusat rekreasi dan kunjungan wisata, dan daerah zona pemukiman seluas 17.121 hektar diperuntukan sebagai tempat hunian atau perumahan penduduk setempat. Zonasi ini lebih dikenal dengan zona Kepulauan Seribu Utara terdiri dari 79 buah pulau dan Kepulauan Seribu Selatan terdiri dari 31 buah pulau.


Terdiri dari-tidak sampai seribu, tapi sekitar 110 pulau besar dan pulau kecil, mereka membentang dari pulau terdekat yaitu Pulau Anyer sampai dengan pulau yang terletak jauh di Laut Jawa seperti Pulau Putri, Pulau Sepa dan Pulau Hantu.  Sekitar dua puluh pulau adalah tujuan wisata, hanya enam di antaranya yang didiami oleh penduduk lokal. Ibukota kabupaten dari Kepulauan Seribu adalah di Pulau Pramuka yang terletak tepat di tengah-tengah kluster ini.
Kepulauan Seribu merupakan taman bermain berupa pantai dan air yang alami bagi warga Jakarta.  Setiap pulau menawarkan jenis rekreasi yang berbeda, mulai dari menyisir pantai, berperahu, jet ski dan  snorkeling sampai dengan scuba-diving jauh ke dalam lautan.
Untuk melengkapi liburan Anda,  ada pula peninggalan kolonial Belanda untuk dieksplorasi lebih jauh, yaitu taman arkeologi sekaligus cagar alam untuk pengembangbiakan penyu sisik dan perlindungan hutan bakau.  
Beberapa jenis flora dan fauna banyak ditemukan di Kepulauan  Seribu, di antaranya terumbu karang, bintang laut, bintang laut pasir, ikan Betok (Anabas testudineus Bloch) dan ikan ornamental diantaranya seperti ikan Sargent Mayor. 
Kapal reguler meninggalkan pantai Marina Ancol ke berbagai pulau pada pukul 8.00 and 9.00, dan kembali pada pukul 13.00 atau 14.00. Tersedia juga perahu cepat yang disewakan yang memiliki jadwal keberangkatan khusus ke berbagai tujuan wisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar